Ayoo.. Ikutan Mudik Gratis Dari Kemenhub!

Ayoo.. Ikutan Mudik Gratis Dari Kemenhub!. Kementerian Perhubungan kembali berkolaborasi dengan BUMN dan mitra kerja​ ​menyelenggarakan program Angkutan Sepeda Motor Gratis dan Mudik Gratis dengan total​ ​kuota angkut sebanyak 44.721 sepeda motor dan 208.435 penumpang​. ​Seru kan!

Infografis motis

Infografis motis

Jadi, Teman-teman yang berencana mudik tahun ini sebaiknya tidak dengan kendaraan roda​ ​dua. Potensi kecelakannya tinggi lho, bahkan (setahu saya) lebih tinggi ketimbang dengan​ ​kendaraan darat manapun.

Infografis motis kereta

Infografis motis kereta

Dengan program Mudik Gratis yang diselenggarakan oleh Kemenhub, pemudik tidak perlu​ ​khawatir akan sarana mobilitasnya di kampung halaman, karena baik pemudik maupun​ ​sepeda motornya akan sama-sama diangkut.

Infografis motis kapal penyeberangan

Infografis motis kapal penyeberangan

Terkait waktu pendaftaran, pendaftaran melalui online dan offline dimulai pada 18 Mei hingga​ ​16 Juni 2017. Pendaftaran online melalui mudikgratis.dephub.go.id dan pendaftaran​ ​offline di Gor Bulungan Blok M, Dishub Kota Bekasi, Dishub Depok, Dishub Kota Tangerang,​ ​dan Dishub Tangerang Selatan.

Infografis motis bus

Infografis motis bus

Selain itu disediakan pula mudik gratis dengan bus khusus penumpang (tanpa motor) dengan​ ​jumlah bus sebanyak 1.000 unit yang akan melayani ke 29 kota tujuan, antara lain Cirebon,​ ​Pekalongan, Demak, Kudus, Klaten, Temanggung, dan lain-lain. Pendaftaran dapat dilakukan​ ​melalui online maupun offline bertempat di GOR Bulungan Blok​ ​M, Kawasan Idustri​ ​Pulogadung, Terminal Kayurungin, Kawasan Industri Jababeka, Terminal Kota Depok,​ ​Kawasan Industri Cimanggis, Terminal Poris Plawad, Kawasan Industri Cikupa, Dishub Kota​ ​Tangsel, dan Kawasan Industri Sentul.

Infografis motis kapal laut

Infografis motis kapal laut

Mudik gratis dengan moda kapal penyeberangan akan dilayani oleh 2 ferry dengan tujuan​ ​Lampung dan Semarang. Jumlah sepeda motor yang akan diangkut oleh 2 ferry tersebut​ ​5.000 unit, sedangkan penumpangnya 10.000 orang. Pendaftaran dimulai pada 1 Juni 2017​ ​hingga 16 Juni 2017 melalui online atau offline di Kantor PT ASDP Pusat.

Sedangkan mudik gratis dengan moda laut akan dilayani oleh KM Dobonsolo milik PT Pelni​ ​dengan rute Jakarta (Tanjung Priok) – Semarang (Tanjung Mas) PP yang akan mengangkut​ ​8.000 sepeda motor dan 16.000 penumpang. Pendaftaran online dimulai pada 30 Mei 2017​ ​hingga 15 Juni 2017. Sedangkan pendaftaran offline dimulai tanggal 2 Juni hingga 16 Juni​ ​2017 bertempat di Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, GOR Balai Rakyat, dan GOR​ ​Ciputat.

Khusus moda kereta api, program yang berlaku yakni Angkutan Sepeda Motor Gratis dimana​ ​pemudik dapat mengirimkan sepeda motornya secara gratis sesuai dengan kota tujuan yang​ ​tersedia. Dengan moda kereta api, jumlah sepeda motor yang dapat diangkut yakni sebanyak​ ​18.096 unit. Pendaftarannya sudah dimulai sejak 15 Februari 2017 hingga 14 Juni 2017​ ​secara online, dan secara offline pada 16 Februari hingga 16 April 2017 di Stasiun Jakarta​ ​Kota, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Depok, Stasiun​ ​Bogor, Stasiun Cikarang, Stasiun Kiaracondong, dan Stasiun Purwakarta.

Tunggu apa lagi… Cepat daftar sebelum kehabisan slot!​ Atau kalau gak mudik, yuk sebar kabar baik ini ke keluarga dan teman​

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *