Makanan Bubur Bayi 6 Bulan

Makanan Bubur Bayi 6 Bulan. Hal yang perlu kita ketahui yaitu adalah setelah setelah ASI Eksklusif untuk buah hati kita selama 6 bulan maka Si Kecil kini telah siap untuk bisa mencicipi makanan padat untuk pertama kalinya, tetapi bukan berarti pemberian ASI dihentikan, ya. Untuk jenis makanan Bubur Bayi 6 bulan bisa mempersiapkan semangkuk bubur susu Nestlé CERELAC.

Ilustrasi Bubur Bayi 6 Bulan

Ilustrasi Bubur Bayi 6 Bulan

Menurut WHO dan juga kementerian Kesehatan RI memberikan rekomendasi agar Ibu bisa terus menyusui Si Kecil sampai umur 2 tahun atau bisa lebih, dan untuk bisa membantu mencukup kebutuhan nutrisinya bisa dengan mempersiapkan makanan pendamping ASI atau juga biasa dikenal dengan MP-ASI.

Dengan mempersiapkan makanan pendamping ASI sesuai dengan usia Si Kecil, maka Ibu akan bisa menunjang pertumbuhan fisik dan juga emosional serta bisa memperkuat kekebalan tubuhnya terhadap berbagai penyakit.

Nah melihat pentingnya MP-ASI dan agar manfaat dari pemberian makanan pendamping ASI bisa didapatkan untuk buah hati kita secara lebih optimal, maka kita sebagai orang tua perlu memperhatikan kandungan nutrisi apa saja yang perlu ada di dalam bahan makanan MP-ASI :

1. Kandungan nutrisi karbohidrat
Kandungan makanan pertama yang perlu ada yaitu adalah karbohidrat. Ini adalah merupakan salah satu makro nutrien yang diperlukan oleh tubuh Si Kecil sebagai tambahan sumber energi dan bisa membantu mengoptialkan tumbuh kembangnya.

Contoh bahan makanan yaitu : Biskuit dan Seral serta Kentang dan Nasi.

2. Kandungan protein
Selain karbohidrat, protein juga termasuk nutrisi penting yang diperlukan tubuh Si Kecil untuk bisa membantu mendukung pertumbuhan yang sehat seperti menunjang pertumbuhan otot dan membentuk sistem kekebalan tubuh.

Contoh bahan makanan yang mengandung protein yaitu : ikan, telur, sapi, dan tempe

3. Kandungan DHA
Ketiga yaitu yang perlu Ibu ketahui adalah dari kandungan DHA. Kecerdasan buah hati kita akan bisa didukung secara optimal dengan memberikan nutrisi yang penting untuk perkembangan otak yaitu DHA. Selain bisa membantu mendukung proses berpikir anak, DHA juga bisa membantu menunjang perkembangan retina mata dan sel saraf.

Contoh bahan makanan yaitu sarden, tuna, dan ikan salmon.

4. Kandungan Vitamin A
Vitaman ini mempunyai peran penting untuk menjaga kesehatan penglihatan dan bisa membantu memperkuat sistem imun tubuh Si Kecil agar tidak mudah sakit.

Contoh bahan makanan : Sayuran daun hijau seperti bayam dan buah serta sayur berwarna jingga-merah seperti tomat dan wortel.

5. Kandungan Zat Besi
Kelima yaitu adalah kandungan zat besi. Mineral ini mempunyai fungsi untuk bisa memproduksi sel darah merah yang bertugas untuk bisa membawa oksigen ke seluruh tubuh. Dengan kandungan zat besi bisa melindungi buah hati kita dari anemia.

Contoh bahan makanan : Kacang merah, sayura daun hijau seperti bayam dan daging merah.

6. Prebiotik
Prebiotik mempunyai manfaat sebagai sumber makanan bagi bakteri baik (probiotik) di dalam tubuh sehingga bisa membantu menjaga kesehatan saluran cerna dan juga membantu mengoptimalkan sistem imun tubuh Si Kecil.

Contoh bahan makanan: Bawang Putih dan Pisang

7. Probiotik
Ketujuh yaitu adalah Probiotik yang merupakan bakteri baik yang bermanfaat untuk mendukung saluran cerna yang sehat dan bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Contoh bahan makanan : satu mangkuk bubur susu Nestlé CERELAC. Di dalam bubur susu Nestlé CERELAC mengandung bakteri probiotik bifidus BL yang bisa membantu meningkatkan jumlah bakteri yang baik di dalam tubuh dan bisa membantu mengoptimalkan fungsi saluran cerna untuk Si Kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *